Senin, Juli 15, 2024
BerandaPemerintahanPeluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang  2024

Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang  2024

Sumedang,SMI.- Komisi pemilihan umum (KPU) Kab. Sumedang mengadakan acara peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang tahun 2024 di lapangan upacara Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Sumedang Sabtu malam (8/6/2024).

Acara dihadiri langsung  PJ Bupati Sumedang Drs. H. Yudia Ramli, M.Si beserta seluruh jajaran forkopimda Sumedang, ketua divisi data dan informasi KPU Jawa barat Ahmad Nur Hidayat,  S.Hut,  Pimpinnan partai politik yang ada di Kab. Sumedang, ketua KPU Ogi Ahmad Fauzi S.IP., M.Si beserta jajaran, seluruh PPK se Kab Sumedang beserta jajaran kesekretariatan dan seluruh PPS se kab Sumedang.

Acara peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang tahun 2024 mendapat apresiasi dari PJ Bupati Sumedang Yudia Ramli karena KPU Sumedang 4 terbaik nasional dalam pelaksanaan pemilihan umum Presiden dan legislatif tahun 2024.

Dalam pidatonya Ketua KPU Sumedan Ogi Ahmad Fauzi, S.IP., M.Si. menyebutkan, pada acara tersebut turut diluncurkan jinggel dan maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang tahun 2024 yakni Suma (laki-laki) dan Sumi (perempuan). 

“Arti dari Suma itu Sumedang Madangan. Artinya harapan kami bahwa nanti kepala daerah yang terpilih akan menjadi sosok yang menerangi, memberikan harapan bagi masyarakat menjadi Sumedang maju sejahtera dan bahagia,” kata Ogi.

Sedangkan Maskot Sumi, singkatan dari Sumedang Memilih, merupakan ajakan bagi warga masyarakat di Kabupaten Sumedang untuk datang ke TPS. 

“Jadi datang ke TPS memilih pemimpin yang nantinya akan mewujudkan harapan-harapan masyarakat Kabupaten Sumedang,” kata Ogi.

Terkait maskot yang berbentuk tahu dan di pinggirnya ada Kujang Sapasang, Ogi pun menyampaikan filosofinya. “Tahu itu kalau kita lihat adalah makanan dikenal masyarakat. Setiap masyarakat menyukai Tahu. Kita realisasikan bahwa Pilkada itu pesta rakyat. Maka ketika pesta rakyat, masyarakat harus memiliki keterlibatan yang banyak Tahu itu kan banyak penikmatnya. Semakin banyak masyarakat datang ke TPS, semakin baik legacy pemerintahannya,” ujar Ogi.

Dikatakan Ogi, di maskot Tahu terdapat Kujang Sapasang yang filosofinya ada sosok ketegasan, kesatria dan senjata yang tidak terlepas dari Jawa Barat yaitu Kujang. “Kujang Sapasang ini bagian dari kami KPU Kabupaten Sumedang dan tempat wisata di Jatigede namanya Menara Kujang Sapasang. Jadi saya kira maskot tidak terlepas dari Perda Sumedang sebagai Puseur Budaya Sunda. Kami telah berkordinasi dengan Dewan Kebudayaan Sumedang. Secara filosofis, kita telah mendapatkan masukan dari Dewan Kebudaayaan Sumedang,” ujarnya.

Ogi menambahkan, termasuk warna yang terdapat dalam maskot sepatunya warna merah bata. “Sebetulnya hari ini warna KPU adalah merah bata.Ternyata itu warna khas  dari Sumedang,” tuturnya.

Jadi semua maskot dan simbol, lanjutnya, secara filosofis keseluruhan masuk ke dalam Perda kabupaten Sumedang. “Jadi kami betul-betul Tahu itu makanan khas Sumedang dan di atas maskot Tahu ada iketnya yang merupakan bagian dari khas pakaian. Dalam maskot itu, ada warna emas harapannya Tahun 2045 Indonesia Emas bisa terwujud,” kata Ogi.

Y Rusmana

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine
Google search engine

Berita Populer

Komentar