Senin, Juli 15, 2024
BerandaKesehatanPuskesmas Pondoh Laksanakan Kegiatan Posyandu Remaja (POSREMBANGKIT) di Jati Gentong Segeran Kidul

Puskesmas Pondoh Laksanakan Kegiatan Posyandu Remaja (POSREMBANGKIT) di Jati Gentong Segeran Kidul

INDRAMAYU SMI- UPTD Puskesmas  pondoh laksanakan  Posrembangkit di Blok jatigentong di Desa Segeran Kidul Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu. Rabu (5/6/2024).

Dalam acara tersebut di hadiri oleh Dinas kesehatan Dinas pariwisata dan olahraga Dinas Kominfo dan Forkopimcam berjalan lancar dan sukses.

Kepala UPTD puskesmas Pondoh Hj Raden Hesti Heryanti Djuliana S.ST menjelaskan Posrembangkit,ada istilah nama singkatan cemilan pare perpanjangan dari  (Cegah Kehamilan Pada remaja.) program menurunkan kehamilan pada usia remaja. 

merupakan kegiatan inovasi dari puskesmas Pondoh yang sudah berjalan sejak tahun 2023 dan sudah mendapatkan penghargaan dari Litbang BAPEDA Kabupaten Indramayu.

Posrembangkit ini merupakan dasar yang melatarbelakangi kegiatan inisiasi kata cemilan pare dengan cakupan yang lebih luas seperti remaja SMP/MTs,SMA/SMK, dan remaja putus sekolah.

Sehingga dapat mewujudkan tujuan dari puskesmas Pondoh dalam membentuk remaja yang sehat (sehat mandiri dan kreatif)

Kegiatan yang mencakup penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan dengan sasaran usia remaja.

posyandu  remaja merupakan wadah pos kegiatan yang memfasilitasi remaja dalam lindungan edukasi informasi pola hidup sehat dan produktif kriteria posyandu remaja yaitu remaja mulai usia 11-19 tahun.

Posrembangkit merupakan binaan puskesmas Pondoh sejak bulan Januari 2017 sampai sekarang,posrembangkit desa Segeran kidul merupakan kegiatan yang”sehat”(Sehat Mandiri dan kreatif)jelas Hesti.

Kuwu Akmad Yani menjelaskan masyarakatnya remaja yang tergabung tim posrembangkit desa Segeran kidul  sudah banyak memproduksi  kerajinan tangan diantaranya sangkar burung, Ilir/kipas,keset kain dan lain lain.

Kegiatan ini binaan dari puskesmas Pondoh yang berbasis UMKM dan memiliki nilai jual dan mampu bersaing di pasaran umum bakan sudah masuk even pameran saat hari ulang tahun kota mangga Indramayu.

Kuwu berharap kedepannya remaja desa Segeran kidul bisa mengembangkan kreatifitas secara mandiri sehingga bermanfaat untuk dirinya sendiri dan lingkungan, 

Kegiatan ini bersifat sukarela untuk siap saja masyarakat desa  Segeran khususnya remaja yang ikut ada kemauan bergabung tim posrembangkit  sebagai wadah mereka dalam kreatif kegiatan yang positif.jelas Kuwu.

Rusyad Nurdin camat juntinyuat menyampaikan kegiatan ini perlu ada dukungan dari semua kalangan karena program ini sangat positif,menciptakan lingkungan yang aman, sehat, kreatif dan produktif.

Dan terus berkomitmen untuk mendukung kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat desa Segeran kidul lebih luasnya untuk kecamatan juntinyuat dan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup layak sehat dan berkreatif sesuai misi bupati Indramayu BERMERTABAT ( Bersih  religius maju adil makmur dan hebat) pungkasnya.

***IMAM***

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine
Google search engine

Berita Populer

Komentar