Senin, Mei 20, 2024
BerandaPemerintahanPenilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Indramayu Tahun 2024, Kecamatan Juntinyuat Diwakili Desa...

Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Indramayu Tahun 2024, Kecamatan Juntinyuat Diwakili Desa Juntikedokan Targetkan Juara Pertama

INDRAMAYU SMI- Penilaian untuk Lomba Desa Tingkat Indramayu  Indramayu Tahun 2024 sedang berlangsung dibeberapa Kecamatan di Wilayah Kabupaten lndramayu.

Salah satu saat ini sedang berlangsung di Tingkat Kecamatan Juntinyuat, dimana Desa Juntikedokan lolos mewakili salah desa dari 12 yang ada di Wilayah Kecamatan Juntinyuat ini dalam tahap penilaian oleh Tim Penilai Desa Tingkat Kabupaten Indramayu.
Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten lndramayu, dikomandoi oleh Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten lndramayu serta unsur Dinas terkait lainnya.

Nampak hadir pada Penilaian Lomba Desa ini antara lain H Ahmad Sulaeman selaku Kabid Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten Indramayu beserta jajarannya, Camat Juntinyuat Rusyad Nurdin ST MSi, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Juntinyuat,Kapolsek Juntinyuat, DanRamil Juntinyuat, Forkopimcam Juntinyuat, Kuwu Juntikedokan Suendi,Ketua TP PKK Desa Juntikedokan,Ketua BPD Juntikedokan Akyani beserta anggota nya, pamong Desa beserta RT dan RW serta unsur masyarakat lainnya.
Kegiatan Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten lndramayu ini berlangsung di Halaman Kantor Kuwu Desa Juntikedokan Kecamatan Juntinyuat, Jumat 26 April 2024.

Sebagaimana dikatakan Oleh H Ahmad Sulaeman yang akrab di sapa Sule selaku Kabid Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten lndramayu, bahwa lomba desa ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan setiap tahun sesuai dengan Peraturan Kementrian Dalam Negeri nomor: 81 Tentang Evaluasi Perkembangan Desa.
Dijelaskan Sule, pada Penilaian lomba desa ini yang dinilai dan wajib dievaluasi yaitu yang berkaitan di bidang 1.Bidang Pemerintahan, 2.Bidang Kewilayahan dan 3.Bidang Kemasyarakatan ini tiga aspek yang menjadi fokus penilaian kami.

Ditambahkan Sule, dengan adanya regulasi tersebut kami dari pihak DPMD Kabupaten lndramayu mendorong bahwa kalo desa itu mengikuti lomba desa berarti desa tersebut sudah membuktikan seorang leadership nya seorang Kuwu/Kepala Desa itu untuk mewujudkan pelaksanaan anggaran desa yang baik berkaitan dengan Bidang Pemerintahan, Bidang Kewilayahan dan Bidang Kemasyarakatan dan kami menegaskan dan menginginkan kepada Kepala Desa adanya’ rasa transparansi untuk membuktikan baik secara administratif maupun secara faktual nya dalam pelaksanaan pemerintahan desa yang ada di lapangan, pungkasnya.

Sementara itu ditempat yang sama Camat Juntinyuat Rusyad Nurdin ST, MSi menuturkan, dengan kegiatan Lomba Desa Tingkat Kabupaten lndramayu dimana pada saat ini Kecamatan Juntinyuat yang diwakili oleh Desa Juntikedokan ini semoga Desa Juntikedokan ini bisa berhasil lebih baik ditingkat Kabupaten lndramayu dan saya menilai Desa Juntikedokan ini cukup mumpuni untuk diikutsertakan pada lomba Desa Tingkat Kabupaten lndramayu tahun.

Camat Juntinyuat Rusyad Nurdin sangat yakin dari 12 desa yang ada di Wilayah Kecamatan Juntinyuat ini keduabelas tersebut semua nya cukup mumpuni dan untuk tahun ini yang mewakili Kecamatan Juntinyuat adalah Desa Juntikedokan.
Ditambahkan Rusyad Nurdin, salah satu hal yang menjadi terobosan dan inovasi dari Desa Juntikedokan disamping pengelolaan Administrasi Desa yang Cukup baik yang berkaitan dengan Pemerintahan Desa. Dimana Desa Juntikedokan ini memiliki embung yang dimanfaatkan oleh Pemerintah Desa Juntikedokan sebagai Wisata Edukasi Pertanian dan dijadikan sebagai Icon wisata yang mendidik bagi pelajar Sekolah Dasar untuk mengenal pertanian, pesawahan dan lingkungan sekitarnya.

Ditegaskan Rusyad Nurdin, sebagaimana harapan Ibu Bupati Indramayu Hj Nina Agustina bahwa lomba desa ini adalah bagian dari sebuah aplikasi ujian atau ujian untuk kerja nyata kerja baik untuk suatu Pemerintahan Desa dalam hal ini Desa Juntikedokan, sehingga melalui penilaian lomba desa Tingkat Kabupaten lndramayu ini saya optimis Desa Juntikedokan bisa meraih juara pertama di tingkat Kabupaten lndramayu, ujarnya.

Kuwu Desa Juntikedokan Suendi yang mulai menjabat dan dilantik pada tanggal 16 Agustus 2021 ketika dikonfirmasi media  ditengah-tengah penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten lndramayu, menjelaskan terkait asal usul nama Desa Juntikedokan diambil dari sebuah nama pohon Janti dan Kedokan yang memanjang yang terletak diblok Carik RT 01 RW 04, Desa Juntikedokan ini tepatnya berdiri pada tanggal 25 Juni 1978 atau tanggal 7 Rajab 1399 H dengan Surat Keputusan Gubernur Provinsi Jawa Barat Nomor: 939/PM.120/Pem/SK/78.

Dikatakan Suendi, Desa Juntikedokan ini mempunyai pantai Legendaris di Pantura Indramayu yakni Pantai Tirtamaya, kemudian kondisi pemerintahan desa Juntikedokan memilik 8 Ketua RW, 32 Ketua RT, dengan luas 5.420.215 meter persegi serta lahan pertanian subur seluas 3.786.843 M2 dan dengan jumlah penduduk sebanyak 9832 jiwa.

Ditambahkan Suendi, dengan diikutsertakannya Desa Juntikedokan ini yang mewakili 12 Desa yang ada di Wilayah Kecamatan Juntinyuat ini semoga Desa Juntikedokan bisa menang sebagai juara satu lomba desa tingkat Kabupaten lndramayu, sebelum mengakhiri komentar nya Kuwu Suendi membacakan dua buah pantun dihadapan Tim penilai lomba desa adapun pantunnya sebagai berikut, ” Lumba-lumba Didalam Goa Lalu Dibawa Dekat Bandara, Awali Lomba Dengan Doa Moga-moga Dapat Juara” dan pantun berikutnya ‘ Barangkat ke Pasar Membeli Babat Waktu Menjelang Shalat Ashar Hayo Kita Berdoa Semoga Indramayu Tambah Bermartabat”, tuturnya.

***IMAM***

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine

Berita Populer

Komentar